Jumat, 23 Februari 2007

sama penting!!

tadi pagi salah seorang teman saya terlambat masuk kuliah Pengantar Akuntasi 2. pas mau duduk, dosennya manggil. trus nanya,
"kamu angkatan berapa?".
"2003 pak" jawab teman saya.
"berapa?!" tanya si dosen lg
"angkatan 2003, pak!" jawab teman saya dengan sedikit memberi penekanan pada kata 'pak'.
"angkatan 2003 baru ngambil pengantar akuntansi 2 sekarang?! kamu kemana aja, kamu niat kuliah apa nggak?!, dalam hidup kita harus punya cita2, punya target, jangan malas2an, bla..bla...bla..." sang dosen terus bicara. teman saya yg sudah mulai kesal, langsung duduk tanpa minta persetujuan si dosen. saya jadi berpikir, kenapa ya orang paling senang ngeliat orang lain terlihat bodoh di muka umum. apalagi kalo orang itu menunjukkan muka memelas. wah, kayak berasa menang dalam perang antar negara deh. padahal, bukankah akan lebih indah kalo sang dosen menyuruh teman saya yg terlambat menemuinya diruangan setelah perkuliahan selesai untuk menanyakan alasan keterlambatannya mengambil mata kuliah tersebut. empat mata. tidak di depan umum seperti tadi. tapi, memang kabanyakan dari kita, termasuk saya sendiri, sering merasa lebih hebat, lebih bermartabat, lebih berbudaya, lebih sukses, lebih berkuasa, dan lebih2 yg lainnya dari orang lain. padahal tanpa orang lain, kita ga' bisa apa. tanpa teman saya yg terlambat tadi, si dosen tentu ga' bisa menunjukkan rasa 'lebih'nya. coba deh bayangin (jgn kelamaan) kalo sang dosen, kamu atau saya tinggal sendiri disuatu tempat yg tak berpenghuni??? bingungkan, ga' bisa ngapa2in.
nah kalo gitu, mari kita masukkan kedalam pikiran, lalu turunkan ke hati kita bahwa setiap makhluk di dunia ini; dosen, mahasiswa, kamu, saya, kecoak, rumput hingga bakteri sekalipun mempunyai peran yang sama penting dalam kehidupan ini!!

1 komentar:

Santi mengatakan...

ya, memang begitulah hidup, kadang kesel juga, soalnya gw juga punya dosen kyk gt, malah lebih sadis, sangat koleris melankolis yang ingin merubah gw menjadi orang yang hebat menurut pandangan dia, tapi kan... itu jalan dia, bukan gw! hahah apaaaa lagi...

yang pasti tu dosen mesti dikasi bukunya Dale Carnegie "how to win friends and influence people"

itu buku yang buat tukul arwana menjadi terkenal (menurut majalah duh lupa namanya...)

gw juga pernah ngasih buku itu ke dosen yang suka kritik gw tanpa pandang bulu, tanpa mikir gw sakit ati apa ga, trus minggu lalu gw kasih tuh buku itu, ga tau dibaca tau ga, moga aja dibaca! hahaha